Pen Camera

Pen camera adalah sebuah perekam video yang berbentuk pulpen, atau disebut juga recording pen. Kamera ini kecil, berbentuk seperti pulpen dan berfungsi seperti pulpen biasa dan bisa digunakan untuk menulis.

Pen camera berguna sekali jika Anda ingin merekam suatu kejadian tanpa diketahui orang lain. Misalnya untuk mengumpulkan bukti-bukti transaksi, atau sekedar merekam anak Anda yang sedang “berulah” (maksud saya anak kecil yang lucu, bukan anak Anda yang dewasa.

Sebenarnya ada banyak macam-macam kegunaan pen camera lainnya.

Spy camera harus memenuhi persyaratan tertentu untuk disebut kamera tersembunyi atau kamera hidden. Ukuran dan beratnya harus kecil, bentuknya harus seperti benda lain yang umum ada di sekitar kita, memiliki kamera yang kecil (diameter 1 atau 2 mm), hasilnya tidak patah-patah (fps nya cukup tinggi) dan jelas (resolusinya 640×480 ke atas sehingga tidak pecah sewaktu dibesarkan).

Spy camera juga mempunyai memory internal yang bisa menyimpan video hasil rekaman, recording pen ini tersedia memory 2gb atau 4gb.

Tips Membeli Pen Camera

Jika Anda ingin membeli sebuah pen camera, berikut adalah tipsnya:

1. Hanya ada dua jenis pen camera (paling tidak sampai saat saya menulis artikel ini). Yang resolusi video nya 640×480, 25fps dan resolusi video 352×288, 15fps. Bukan 2gb atau 4gb karena ini adalah kapasitas internal memorynya, bukan kualitas pen cameranya. Tanyakan terlebih dahulu agar Anda tidak membayar seharga resolusi tinggi untuk barang yang resolusinya yang lebih rendah.

2. Pastikan recording pen Anda bergaransi.

Banyak penjual menawarkan pen camera dengan harga yang lebih murah dari pasaran, tanpa garansi. Kerusakan pen camera biasanya terjadi dalam 1 atau 2 bulan pertama, lebih dari itu biasanya baik-baik saja. Pen camera juga bisa error karena transportasi yang kurang baik. Jika Anda mendapati situs online yang memberi peringatan seperti ini: “Kerusakan karena pengiriman oleh kurir bukan tanggung jawab kami”, maka berhati-hatilah. Paling tidak ia sudah memberi peringatan bahwa jika Anda menerima barang error, maka Anda bernasib sial

3. Pastikan pen jual pen camera bisa membetulkan kerusakan yang paling sering terjadi.

Misalnya: lampu indikator pen camera berwarna kuning terus, tidak mau berubah ke biru sehingga tidak bisa merekam, lampu indikator biru terus alias tidak mau dihentikan saat merekam, tidak terdeteksi di komputer, pen camera tidak mau merekam atau tidak ada hasil rekamannya jika dicolokkan ke komputer. Ini adalah kerusakan-kerusakan yang paling sering terjadi dan bukan diakibatkan oleh cacat produksi. Hanya penjual yang memiliki software untuk memperbaikinya (authorized dealer) yang bisa menghindarkan Anda dari pusing kepala akibat masalah yang sebenarnya sepele ini.

4. Jika Anda membeli online, cek websitenya apakah layak untuk dipercaya atau tidak. Website dengan alexa di bawah 1 juta biasanya cukup untuk dipercaya. Cek apakah alamatnya jelas. Lihatlah apakah penjual memiliki track record penjualan, seperti nomor resi pengiriman yang bisa dibuktikan kebenarannya di website kurir online

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: